top of page

Destinasi Memuaskan di Yogyakarta!

Halo semuanya!

Kenalin aku Venna, salah satu anggota Campur Sari. Kalian bisa tau lebih banyak tentang aku dan anggota yang lain di kolom "Members" di blog ini.

Untuk kedepannya aku bakal ada di post tentang travelling terus yaa, yuk langsung aja!

Karena liburan semester genap kemarin aku abis jalan-jalan ke Yogyakarta, kali ini aku mau bahas tentang 4 tempat wisata yang aku udah kunjungi dan menurut aku sangat memuaskan.

1. Goa Pindul

(Wirawisata, Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891) lebih dari 40km dari pusat kota.


Hari pertma di malam hari aku sampai di Yogya, aku dan teman-teman yang lain langsung istirahat untuk persiapan hari selanjutnya mau ke Goa Pindul.

Tapi di sekitar wisata Goa Pindul pun juga banyak wisata lain seperti wisata Goa Jomblang yang terkenal banget, dll.


Ohiyaa, Sebenernya aku sama teman-teman yang lain dari awal juga ingin ke Goa Jomblang, tapi kami baru tahu dari Google saat dalam perjalanan kalau ternyata biaya masuk ke wisata Goa Jomblang adalah Rp. 450.000 /orang yang terbilang mahal karena memang dibutuhkan banyak prosedur keamanan untuk masuk ke wisata ini, tetapi biaya senilai itu pun terlalu mahal untuk perjalanan kami. Tapi kalau kalian memang mau mencari keindahan goa di Yogyakarta apalagi igin hasil foto yang keren banget, kalian harus coba ke Goa Jomblang ini!

Nah, sekarang aku mau bahas soal Goa Pindul, biaya masuk kawasan Pindul per orang hanya Rp. 10.000, tapi itu belum termasuk masuk ke goa nya. Karena di kawasan nya itu ada banyak banget jasa yang menawarkan paket wisata ke beberapa Goa yang ada disana. Biasanya kalau masuk 1 Goa aja (menurut web www.goapindul.com) adalah Rp.30.000 - Rp.45.000 /orang untuk wisata lokal. Waktu itu juga aku ambil jasa fotografer Rp. 50.000/ goa nya. Mungkin kalian bisa mengandalkan supir sewaan / penduduk Yogya yang sudah kalian kenal untuk memilihkan jasa mana yang paling murah dan ramai disana (karena waktu itu aku juga udah diantarkan oleh supir disana yang menurut nya paling bagus, dan aku puas!), nih aku kasih liat beberapa foto di Goa Pindul.

2. Pantai Timang

(Jl. Pantai Sel. Jawa, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881) ±70km dari pusat kota


Destinasi terakhirku di hari pertama adalah Pantai Timang, perjalanan cukup jauh sekitar ±39km dari Goa Pindul. Rute jalanannya pun agak berliku-liku karena Pantai Timang ada di kawasan Gunung Kidul.

Sesampainya di kawasan Pantai Timang pun ada jalan off-route yang bisa kalian lewati dengan berjalan kaki atau menerima tawaran penduduk sekitar dengan diboncengi motor oleh mereka, perjalanan dari titik awal sampai menuju Pantai Timang nya pun berjarak 1km. Maka saya dan teman-teman diboncengi sampai atas dengan membayar Rp. 50.000 /orang. Perjalanan nya pun memang pasti melelahkan jika berjalan kaki karena banyak sekali tanjakan yang cukup curam dan juga karena saya merasakan bahwa menaiki motor aja membutuhkan tenaga agar tidak jatuh.

Sampai di atas, kalian akan melihat pemandangan seperti ini

Rp. 150.000 untuk penyebrangan dengan Gondola. Durasi penyebrangan hanya sekitar 15 detik untuk sampai ke batu karang di depan.

Rp. 100.000 untuk penyebrangan dengan jembatan gantung. Durasi tergantung masing-masing orang, umumnya 10 menit sampai dengan 15 menit (untuk orang yang takut tinggi seperti aku).

Menurut aku yang jembatan lebih menantang adrenaline, karena lebih lama dan kalian yang harus berusaha sendiri. Sebenarnya jarak jembatan ke permukaan laut yang langsung anda di bawah tidak terlalu tinggi, tetapi itulah yang juga membuat kaki kita semua gemetaran. Ombak nya besar banget, apalagi kalau sudah sore saat angin juga ikut menggoyangkan jembatan nya, kalian bisa basah terkena cipratan ombak yang begitu besar juga! Seru banget!

Tetapi kalian juga harus yakin dengan pilihan kalian (jembatan atau gondola), karena jika sekali menyebrang pakai jembatan, penyebrangan ke arah balik juga harus lewat jembatan, tidak bisa gantian ;)

3. Hutan Pinus

(Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783) ±23km dari pusat kota

Setelah mencoba wisata yang cukup menantang adrenaline, di hari selanjutnya aku juga mencoba tempat wisata untuk mengumpulkan foto yang indah, yaitu Hutan Pinus.

Di Hutan Pinus banyak sekali pilihan kawasan (Pengger, Asri, dll), kalian harus mencari informasi yang banyak dulu di internet jika ingin tahu mana yang paling bagus. Waktu itu aku datang ke Pengger & Asri, 2 kawasan yang disarankan oleh supir kami.

Tetapi sayangnya kami datang di jam yang salah, seharusnya jika ke Pengger kalian harus datang saat matahari terbenam atau bahkan saat malam karena lampu-lampu yang disediakan disana sangatlah indah.

4. Museum Ullen Sentalu

(Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582) ±26km dari pusat kota.


Menurut saya ini adalah museum terbaik di Indonesia yang pernah saya kunjungi, dari suasana hening di museum indoor nya, dekorasi tempat yang juga menyatu dengan alam di museum outdoor, dan juga koleksi-koleksi yang mereka pajang pun juga sangat menawan. Presentasi dari pemandu nya pun juga cukup menarik dan tidak membosankan sama sekali. Saya tidak bisa memberikan banyak foto karena di dalam museum nya tidak boleh mengambil gambar sama sekali.

Pengunjung domestik Dewasa: Rp 30.000, anak-anak (5-16 th): Rp 15.000 Pengunjung mancanegara Dewasa: Rp 50.000, anak-anak (5-16): Rp 30.000

Senin: tutup Selasa – Jumat: 08.30 – 16.00 WIB Sabtu – Minggu: 08.30 – 17.00 WIB

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Itulah tempat-tempat wisata rekomendasi yang menurut saya kalian harus kunjungi jika ke Yogyakarta.


*Oh iya, saya sarankan anda untuk menjangkau keempat tempat wisata tersebut dengan menyewa mobil, karena terlalu beresiko jika hanya mengandalkan transportasi online yang jarang ada di kawasan Gunung ataupun Hutan


Semoga informasi saya berguna bagi kalian semua, selamat mencoba !

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page